Nabire ikut lomba pencak silat dan tapak suci Nasional secara virtual

  • Whatsapp
Empat peserta lomba pencak silat – Bumiofinavandu. 

Nabire, Bumiofinavandu – Nabire telah mengirim empat atlet pencak silat untuk mengikuti Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tunggal IPSI (ikatan pencak silat seluruh Indonesia) putra putri. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh pusat prestasi Nasional Dirjen Kemendikbud secara virtual pada 16-21 November kemarin. Selain itu, ada juga empat peserta dari perguruan tapak suci cabang Nabire yangdiikutkan dalam lomba seni silat yang diselenggarakan oleh pusat pimpinan tapak suci Nasional tanggal 28-30 November mendatang. 

Menurut Pelatih pencak silat Kabupaten Nabire, Imam Dahlan, tiga peserta yakni Jam Harir, Marwan Jayadi dan Nina Midiyani telah mengikuti lomba KOSN kategoridari kemendikbud dengan kategoro tunggal IPSI putra putri. 
“Kegiatan ini sudah selesai dan hasilnya kami sudah terima. Dan yang lolos ke putaran final adalah peserta atas nama Nina Midiyani tunggal putrid, namun belum berhasil menjuarai lomba,” tutur Imam melalui selulernya, Sabtu pekan lalu. 
Sedangkan untuk seni tapak suci nasional lanjut Imam, pesertanya ada empat orang untuk kategori remaja. Mereka adalah Muh. Nur Hariyadi (tunggal senjata putera, Nina Midiyani (tunggal senjata puteri), Marwan Jayadi (tunggal tangan kosong putera) serta Tri Putri Wulandari Rombe (tunggal tangan kosong puteri) pada 28-30 November nanti. 
“Jadi untuk sementara tapak suci sedang berlangsung,” lanjut guru SMK N 2 Nabire ini. 
Ia menjelaskan, baik KOSN maupun tapak suci, baik seleksi maupun penyelenggaraannya sama yakyi dilaksanakan secara virtual. hal ini berakibat darisituasi pandemi covid-19. 
Sehingga, rekrutmen peserta dilaksanakan melalui perguruannya masing-masing melalui luring dan direkam vidionya untuk diseleksi di tingkat pusat. Maka, dengan adanya covid-19 maka kegiatan dari kemendikbud dan tapak suci langsung daftar secara online. Sehingga peserta langsung mendaftar diri secara online. 
Selanjutnya, video akan dikirim berjenjang ke Propinsi dan Tingkat Nasional. Kegiatannya berbeda dengan even O2SN, yang diseleksi langsung dari tingkat Sekolah, Kabupaten, propinsi sampai ke tingkat Nasional. 
Lalu, tahapan selanjutnya setelah mendaftar adalah membuat rekam video untuk memalui link pusat prestasi Nasional dengan syarat yang sudah ditentukan. Kemudian, hasil seleksi langsung ditentukan pusat untuk mewakili Propinsi. 
“Jadi untuk sementara, tahapan pelaksanaan tapak suci dengan berlangsung. Saat ini vidionya sedang disiarkan secara langsung oleh penyelenggara melalui link mereka. kami harap, walaupun tidak juaha tapi setidaknya bisa lolos ke putaran final untuk mengharumkan Nabire,” ujar Imam Dahlan. 
Nina Midiyani, salah satu peserta lomba seni tapak suci mengatakan, ia akan berupaya agar menjuarai kejuaraan tersebut. atau setidaknya, bisa melaju ke putaran Finas seperti lomba KOSN. 
Ia juga mengakuh, walaupun lomba diadakan melalui pengriman vidia, akan tetapi dia selalu bersemangat untuk mengikuti seiap event. 
“Bagi saya tidak masalah, karena memang situasi sedang dilanda pandemi. Tapi niat saya adalah selalu ikut lomba untuk mengharumkan perguruan dan kabupaten Nabire pada umumnya,” tandas Nina.(Red)

Pos terkait

PHP Dev Cloud Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.