LBH Kaki Abu apresiasi aksi solidaritas peduli banjir Sorong

  • Whatsapp
Penyaluran bantuan sembakau kepada warga di komleks jalan baru Kelurahan Malabutor, Distrik Sorong Manoi – Bumiofinavanduanu/Dok Solidaritas. 

Nabire, Bumiofinavandu – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kaki Abu Sorong pengapresiasi aksi solidaritas pemuda dan Mahasiswa Kota Sorong dalam menggalang bantuan serta menyalurkan kepada para warga berdampak Banjir Sorong beberapa waktu lalu. 

Bacaan Lainnya

“Kami pikir bahwa ini merupakan etikad baik terhadap situasi banjir Sorong. Maka respon terhadap penggalangan bantuan ini perlu diapresiasi,” ujar Leonardo Ijie, dari LBH Kaki Abu via selulernya pada Sabtu, (8/8/2020). 

Menurutnya, teman-teman dan adik-adik mahasiswa serta para seniman di Kota Sorong yang bergabung dalam Solidaritas melakukan penggalangan dana saat banjir dan menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak. 
“Waktu banjir kemarin, kami langsung bergerak galang bantuan untuk masyarakat yang terdampak. walaupun kita merasa apa yang dilakukan tidak seberapa,  dalam menjawab masalah kebutuhan mereka, tapi setidaknya bisa mengurangi apa yang mereka rasakan,” tuturnya. 
Ricky Roseli, penanggungjawab posko Solidaritas mahasiswa dan Pemuda mengatakan walaupun sudah tidak banjir lagi namun jika hujan, tentu masih ada titik-titik yang terendam. Titik-titik itu antara lain, kilometer 8, kilometer 10 masuk, kompleks viktori dan Malanu. Dan sesuai data yang dimiliki, lebih dari 100 lebih keluarga yang terdampak kalah banjir dan mendapatkan distribusi bantuan dari aksi tersebut. 
“Walaupun sudah tidak banjir tapi kalau hujan pasti ada titik tertentu yang masih terendam,” kata Roseli. 
Menurutnya, Solidaritas telah menyalurkan sembako dan bantuan kepada warga terdampak, termasuk untuk akses air bersih. dan karena pipanya ada yang rusak maka diberikan juga pipa pengganti untuk menyambung dan memperbaiki pipa yang rusak akibat longsong. 
Bantuan-bantuan diperoleh dengan cara konser amal dengan menggandeng seniman kota Sorong, Sorong Dance komunity, dan beberapa komunitas yang tergabung dalam Solidaritas pemuda dan mahasiswa peduli banjir Sorong yang bekerja sama dengan LBH Kaki Abu. 
“Jadi komunitas langsung turun ke lampu-lampu merah dengan tarian dan galang bantuan. hasilnya langsung kami distribusi kepada warga yang terdampak. seperti beras, mie instan, minyak goreng, telur dan keperluan lainnya terutama sembako,” tutur Roseli. 
Killy Majefat, salah satu anggota solidaritas menambahkan, walaupun saat ini banjir sudah redah, namun penyaluran bantuan masih terus dilakukan. Sebab terdapat bantuan berupa dana yang diterima dari solidatitas di Manokwari. 
“Banjir memang sudah surut. Tapi posko kami masih ada sebab kami terima bantuang melalui rekening posko dari Manokwari,” tambahnya.(Red)

Pos terkait

PHP Dev Cloud Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.