Ratusan pelajar dan mahasiswa menuju Jayapura dengan dua kapal


Ratusan mahasiswa di halaman kantor Dishub Nabire dan siap menuju pelabuhan Samabusa – Bumiofinavandu./Dok Humas Nabire.
Nabire, Bumiofinavandu – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Nabire, Alfius Douw mengatakan sebanyak 460 mahasiswa dan pejajar akan diberangkatkan menuju Jayapura sore ini (27/7). Ratusan mahasiswa dan pelajar itu, akan menumpang dua buah kapal yakni Sabuk Nusantara 63 dan Sabuk Nusantara 64 yang di sediahkan oleh Asosiasi Bupati Meepago. 


Bacaan Lainnya
“Ini berdasarkan kesepakatan Asosiasi Bupai Meepago, sehinggga Dishub Nabire diberika kepercayaan untuk mengurus transportasi laut untuk mengangkut mahasiswa menuju Jayapura,” ujar Douw saat ditemui di halaman kantornya. Senin (27/7/2020). 
Menurutnya, selain Asosiasi menyiapkan transportasi, juga mengikutkan beberapa tenaga dan bantuan makanan (bama) untuk kebutuhan selama perlayaran dua hari pelayaran. 
“Jadi kami mengutus 20 orang (masing-masing 10 untuk 1 kapal) guna menjaga para mahasiswa serta membantu serta menjadi koki selama perjalanan mengingat kru kapal terbatas,” tuturnya. 
Jika masih ada mahasiswa yang belum sempat mengikuti rombongan ini, kata Douw, maka Dishub Nabire akan menunggu petunjuk lanjut dari pimpinan daerah berdasarkan jumlah data mahasiswa yang mendaftar di Humas Nabire. 
Disinggung mengenai berapa besaran jumlah anggaran yang digelontarkan untuk membiayai trasnportasi, Douw mengatakan bahwa untuk sementara belum dapat dipastikan. 
“Untk biaya yang dipakai akan kami sampaikan nanti,” ujarnya. 
Harapannya agar setelah kembali ke kota study, para mahasiswa diminta untuk kembali dengan membawa surat (ijasah). Maka sesampainya di sana, agar benar-benar menuntut ilmu dengan baik untuk mengharumkan nama daerahnya serta orang tua yang sudah dengan susah payah membiayai pendidikan. Jauhi miras, berhenti melakukan hal yang merugikan dan menghambat pendidikan sebab mahasiswa adalah calon pemimpin masa depan. 
“Kami harap mereka kembali dengan ijasah, untuk membuktikan kepada orang tua dan daerah bahwa mereka siap membangun daerahnya dan menjadi pemimpin di masa depan. Jadi, selama di kota study, harus mentaati protokol kesehatan dan meningkatkan belajar,” harap Douw. 
Seorang calon Mahasiswa dari Paniai, Anderson Nawipa (19) sangat berterima kasih kepada Asosiasi Bupati Meepago. Pasalnya, Nawipa ingin melanjutkan pendidikan setelah menamatkan SMA di Enarotali. Namun akibat terbatasnya transportasi, sehingga ia sempat bingung hendak ke Jayapura melalui jalur mana. 
“Tapi karena kami dengar ada transportasi gratis, saya lalu daftar dan sekarang hendak ikut dengan kapal,” ujar pria ya ng baru saja menamatkan SMA YPPGI Enarotali ini. 
Ucapan yang sama juga disampaikan seorang mahasiswa poltekes Jayapura, kepada kelima Bupati di wilayah Meepago atas respon dan upayanya untuk memberangangkatkan mahasiswa kembali ke Jayapura untuk melanjutkan study. 
“Intinya kami sangat berterima kasih atas upaya para Bupati untuk memberangkatkan kami kembali ke kota study. Karena selain transportasi gratis, juga ada bekal selama perjalanan disediahkan,” kata Yulita Mahasiswa asal Nabire.(Red, TR)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.