88 Ekor Tukik dilepas Komunitas The Kombongers ke Habitatnya

Kelompok The Kombongers dan warga melepas Tukik –Bumiofinavandu/Nabirenews. 
Nabire, Bumiofinavandu.Id – Sebanyak 88 ekor tukik atau yang biasa dikenal dengan anak penyu, dilepaskan di pantai Makimi Nabire. Pelepasan tukik kembali ke habitat ini dilakukan oleh kelompok “The Kombongers” yang merupakan Komunitas Penyelam kota Nabire pada Selasa (07/07/2020), bersama masyarakat setempat. 


Salah anggota komunitas, Aris Wambrauw, mengatakan pengembaliak tukik dimaksud sebagai langkah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, terhadap pentingnya pelestarian penyu di daerah Nabire.

“Pelepasan anak penyu alias tukik ini kami lakukan sebagai upaya melestarikan populasi penyu di kabupaten Nabire agar tidak punah. Selain itu, dengan adanya penyu di lautan, akan memberikan dampak yang luar biasa baik untuk keseimbangan lingkungan maupun sebagai peningkatan ekonomi di sektor perikanan,” Kata Wambrau seperti dilansir dari Nabirenews.
Welem Wopairi, penemu tukik menambahkan, pada Sabtu (05/07/2020) saat mengjar, usai menjaring jaring di laut tiba-tiba dikagetkan dengan puluhan ekor tukik yang mendekat ke jaringnya.

“Waktu itu kami baru pulang tarik jaring, pas saya mau pergi ambil karung untuk isi ikan-ikan, kaget begini, anak penyu muncul dekat karung,” ujar Welem dengan dialeg Papuanya yang masih kental.

Ketua Komunitas The Kombongers, Riki Edy (43) berharap, dengan pelepasan tukik atau anak penyu ini, bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya penyu di kawasan laut Nabire.

“Saya pribadi sebagai penyelam sudah prihatin dengan kondisi laut sekitaran Nabire karena biotanya mulai sedikit. Ikan sedikit, penyu sedikit, karang-karang pun kurang sehat. Makanya saya merasa kog di daerah lain seperti di Bali, Lombok, dan NTT sana mempunyai penyu banyak sementara disini habitatnya mulai berkurang,” ungkap Riki.

Lanjut Riki, penyu memiliki peran penting di laut. Selain ia memakan rumput laut yang merusak karang, penyu juga memakan ubur-ubur yang memakan telur-telur ikan. Sehingga, melalui kegiatan tersebut dapat menunjukan bahwa kesehatan laut memang sangat bergantung sepenuhnya kepada penyu.(Red,Tiru)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.