Rumaropen harap Garteball digemari semua kalangan

  • Whatsapp
 


Nabire, Bumiofinavandu.Id – Sekretaris Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kabupaten Nabire, Hermambo Rumaropen mengatakan, olahraga Gateball ke depannya bisa digemari semua kalangan usia di Nabire.

“Saya berharap ke depan olahraga Gateball ini bisa digemari semua kalangan usia di Nabire. Karena salah satu hal positif dari olaraga ini adalah bisa mengajarkan seseorang untuk bertindak cepat,” dikatakan Hermambo belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Olahraga gateball, jelas Rumaropen, mengajarkan pemainnya bertindak tetap dan cepat lantaran hanya memiliki waktu maksimal 10 detik untuk memukul bola. bermain gateball juga untuk melatih kemampuan perencanaan, akurasi, dan kerja sama tim.

Gateball, juga merupakan jenis olahraga yang sangat menarik karena sangat mudah dimainkan serta bisa menjangkau semua kalangan, baik dari anak-anak hingga ke Lansia.

“Permainannya mudah dan bisa dimainkan kapan saja. Olahtaga ini bisa juga dimainkan semua. intinya olahraga tidak ada membatasan usia,” jelas mantan pemain sepak bila ini.

Lanjut Rumaropen, olahraga gateball ini diinspirasi dari permainan bola kayu (croquet) asal Prancis. Dan Olahraga gateball memang jenis olahraga yang memadukan gerak fisik dan permainan.

Ia menurutkan, Pergatsi Kabupaten Nabire, sejauh ini sudah mengikuti empat kali even perlombaan setingkat Provinsi Papua, serta satu kali mengikuti perlombaan setingkat Nasional di Bogor bahkan sempat masuk delapan besar.

“Dan ke depannya pengurus akan gencar melakukan sosialisasi dengan target sasarannya adalah Sekolah-sekolah formal dari tingkat SD, SMP dan SMA. Bahkan ada upaya untuk bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Nabire guna mensosialisasikan ke sekolah-sekolah formal,” Lanjutnya.

Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) salah satu cabang olahraga yang dapat dimainkan secara perorangan. Permainan ini bisa berganda, triple dan beregu yang dapat dimainkan oleh pria, wanita dari semua lapisan masyarakat dan berbagai golongan usia.

Olahraga ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani. Penggunaan taktik dan strategi diperlikan dalam olahraga Gateball sdhingga para pemain menggunakan pikiran untuk memenangkan permainan. Selain itu, melatih untuk menjaga sportivitas dan kedisiplinan, melatih kesabaran, ketabahan dan ketekun serta kerjasama yang baik sesama anggota tim.

Pergatsi didirikan di Denpasar pada 20 Mei 2010 dan kemudian secara resmi dikukuhkan dan berkedudukan di Jakarta pada 20 Mei 2011. Tujuan Pergatsi adalah untuk memasyarakatkan dan mengembangkan olahraga Gateball di wilayah Indonesia dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas pemain, wasit, pelatih agar dapat berprestasi pada tingkat nasional maupun international.(Red)

Pos terkait

PHP Dev Cloud Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.