Kakaknya sakit, Paus Emeritus Benediktus XVI jenguk


Nabire, Bumiofinavandu.Id – Katoliknews.com – Paus Emeritus Benediktus XVI melakukan perjalanan ke Jerman pada Kamis 18 Juni 2020 untuk mengunjungi kakakya yang sedang sakit, Pastor Georg Ratzinger.

Itu adalah perjalanan keluar Italia pertama dari paus berusia 93 tahun itu sejak pengunduran dirinya pada 2013.

“Paus emeritus sekarang berada di kota Regensburg, tempat ia akan menghabiskan waktu yang diperlukan,” kata Matteo Bruni, direktur kantor pers Vatikan, seperti dilansir Catholic News Service.

Dikutip dari Katoliknews.com, dalam perjalanan itu, ia didampingi beberapa orang, termasuk sekretaris pribadinya, Uskup Agung Georg Ganswein, juga seorang pengurus rumah tangganya, dokter, perawat dan dan penjaga keamanan.

Paus Benediktus dan kakaknya yang kini berusia 96 tahun itu sama-sama ditahbiskan menjadi imam pada 1951 di Katedral Freising.

Keduanya dikenal selalu dekat. Selama sang adik menjadi paus dan bahkan setelah mengundurkan diri pada 2013, Pastor Georg Ratzinger selalu datang ke Vatikan untuk menghabiskan Natal dan liburan musim panas bersama.

Keduanya memiliki seorang saudari bernama Maria, yang meninggal pada tahun 1991.

Ketika Joseph Ratzinger meneruskan studi teologi, menjadi profesor dan uskup agung sebelum pindah ke Vatikan sebagai prefek Kongregasi untuk Ajaran Iman, dan kemudian menjadi paus, Georg Ratzinger terkenal sebagai musisi brilian dan menjadi direktur paduan suara Regensburg sejak 1964 hingga 1994, ketika ia pensiun.

Dalam pernyataan yang diposting di situs web resminya, Keuskupan Regensburg mengatakan, “Ini mungkin terakhir kalinya kedua bersaudara, Georg dan Joseph Ratzinger, bertemu satu sama lain di dunia ini,” sehingga meminta publik “untuk membiarkan pertemuan yang sangat personal ini tetap privat.”

Keuskupan mengatakan tidak akan ada “foto-foto, penampilan publik atau pertemuan-pertemuan” selain pertemuan pribadi kedua saudara itu.

Paus emeritus, yang tampaknya diterbangkan ke Jerman oleh angkatan udara Italia, mendarat di Munich dan disambut Uskup Rudolf Voderholzer, yang akan menemainya ke Regensburg.

Keuskupan mengatakan Paus Benediktus akan tinggal di seminari Regensburg, sementara “tanggal perjalanan kepulangannya belum ditentukan.”

Sejumlah media di Italia melaporkan bahwa sebelum Paus Benediktus meninggalkan Vatikan, Paus Fransiskus bertemu dengannya di Biara Mater Ecclesia di Taman Vatikan, tempat paus emeritus itu tinggal.

Keuskupan Regensburg mengatakan, “Paus Emeritus membuat keputusan untuk mengunjungi saudaranya di Regensburg segera setelah berkonsultasi dengan Paus Fransikus.”

Di Jakarta, Romo Krispurwana Cahyadi, SJ, dosen teologi yang beberapa tahun lalu menulis buku tentang pandangan-pandangan teologi Paus Emeritus Benediktus XVI meminta umat untuk mendoakan kedua bersaudara yang berselisih usia tiga tahun itu.

“Kita doakan mereka berdua, dan tentu tidak mudah bagi Paus Emeritus yang melakukan perjalanan di usia 93 tahun,” tulis Romo Kris di akun Facebooknya.

“Memang seringkali ada suatu alasan personal yang bisa menjadi pertimbangan mengatasi banyak pertimbangan lain,” tambahnya.(Red, Katoliknews.com).

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.