Donor Darah warnai rangkaian kegiatan HUT Bhayangkata ke – 74


Nabire, Bumiofi-Navandu.Id – Unit Kesehatan Polres Nabire bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Nabire melakukan donor darah pada Selasa (16/06/2020) di aula Rastra Samara Polres setempat.

Bacaan Lainnya

Kapolres Nabire melalui Perwira Urusan Kesehatan (Paur kes) dokter Marina mengatakan, kerja sama donor darah bersama UTD RS merupakan rangkaian kegiatan menjelang HUT Bhayangkara ke – 74 Tahun, Tangga, 1 Juli 2020 mendatang.

“Ini rangkaian dari kegiatan menjelang HUT ke – 74 nanti,” kata Dokter Marina di sela – sela kegiatannya.

Dokter Mariana menjelaskan, dalam aksi tersebut, sebanyak 31 kantong darah diperoleh dari 35 personil yang mendonor. Sementara, empat orang lainnya tidak memenuhi syarat donor seperti tensi tinggi dan sebagainya.

“Kami dapat 31 kantong. Ada 35 tapi empat tidak memenuhi syarat. Rinciaannya adalah golongan darah A sebanyak 6 orang, B sebanyak 3 orang, AB sebanyak 1 orang dan golongan darah O sebanyak 21 orang. Ini akan kami sumbangkan semua ke unit tranfusi darah di RS,” jelas dokter Mariana.

Menurutnya, pelaksanaan donor darah dilakukan akibat banyaknya permintaan darah di RSUD Nabire. Lalu, seharusnya sudah dilakukan beberapa waktu lalu, namun batal akibat pembatasan sosial sehingga, baru terlaksana disaat pelonggaran aktivitas.

Pihaknya juga dalam pelaksanaannya tetap mematuhi protokol penanganan covid – 19 dan menggunakan APD standar. Kemudian, dalam pemeriksaan rapid test anggota Polres Nabire, dinyatakan non reaktif, sehingga baru dilakukan pengambilan donor darah.

“Sebenarnya kami sudah lakukan berapa waktu lalu. Tapi karena covid lagi hangat dan maka sekarang kita baru terlaksanakan setelah pasien sudah menurun (berkurang) maka kami baru bisa terlaksanakan,” tuturnya.

Dia bilang bahwa, hal ini tentunya sebagai bentuk pengabdian Polri kepada masyarakat . artinya, selain tugas pokok Polri ada juga masalah kemanusiaan seperti memberikan dan mendonorkan darah dan hal kemanusiaan lainnya.

Dokter patologi klinik, dr. Lanti Setiawati menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan Polres Nabire dalam memeriakan HUT Bhayangkara Tahun 2020.

Sehinga, Dokter Lanti, mengucapkan banyak terima kasih atas darah yang dihasilkan demi membantu masyarakat yang membutuhkan. Sehingga, berharap, kesadaran masyarakat di daerah ini untuk mendonorkan darah dalam membantu pasien yang membutuhkan. Sebab permintaan darah terus bertambah dari hari ke hari.

“kalau bisa kami imbau kepada masyarakat untuk dapat membantu mereka yang membutuhkan,” ujarnya.(Red)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 Komentar

  1. Ping-balik: 웹툰 다시보기
  2. Ping-balik: pgslot
  3. Ping-balik: apes in space
  4. Ping-balik: blote tieten